Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta
(18 Februari 1745 - 5 Maret 1827) adalah seorang fisikawan Italia. Ia
terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800.
Ia melanjutkan pekerjaan Luigi Galvani dan membuktikan
bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta,
efek ini muncul akibat 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani.
Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan Baterai Volta (Voltac
Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.
Robert
Fulton (14 November 1765 – 24 Februari 1815) adalah seorang insinyur dan penemu
yang secara luas dipuji karena mengembangkan kapal uap pertama yang sukses
secara komersial. Di tahun 1800 dia ditugaskan oleh Napoleon Bonaparte untuk
merancang Nautilus, yang pertama dalam sejarah kapal selam praktis.
Fulton
telah tertarik pada kapal uap pada tahun 1777 ketika ia mengunjungi William
Henry dari Lancaster, Pennsylvania, yang sebelumnya belajar tentang mesi uap
James Watt pada kunjungan ke Inggris. Henry kemudian membuat mesin sendiri dan
pada tahun 1767 ia telah mencoba meletakkan mesin ke perahu. Eksperimen itu
gagal karena kapal tenggelam, tetapi minatnya terus berlanjut.
Pada
1786, Fulton pergi untuk belajar melukis di Paris, dan di sana ia bertemu James
Rumsey, yang duduk untuk potret di studio Benyamin Barat di mana Fulton adalah
seorang murid. Rumsey adalah seorang penemu dari Virginia yang mengelola
sendiri kapal uap pertama di Shepherdstown (sekarang di West Virginia) pada
tahun 1786. Pada awal 1793, Fulton mengusulkan rencana untuk kapal bertenaga
uap baik Amerika Serikat dan pemerintah Inggris, dan di Inggris ia bertemu
dengan Duke of Bridgewater, yang kanal digunakan untuk pengadilan terhadap uap
menarik, dan yang kemudian memerintahkan kapal penarik uap dari william
Symington. Symington telah berhasil mencoba kapal uap pada 1788, dan tampaknya
mungkin bahwa Fulton menyadari perkembangan ini.
Percobaan
pertama yang berhasil lari dari sebuah kapal uap telah dibuat oleh penemu John
Fitch pada Sungai Delaware pada 22 Agustus 1787, di hadapan delegasi dari
Konvensi Konstitusional. Hal ini didorong oleh bank dayung di kedua sisi kapal.
Tahun berikutnya Fitch meluncurkan 60 kaki (18 m) perahu diaktifkan oleh mesin
uap mengemudi mount beberapa dayung buritan. Mengayuh dayung ini dengan cara
yang mirip dengan gerakan kolam kaki bebek. Dengan perahu ini ia membawa tiga
puluh penumpang pada berbagai round-trip perjalanan antara Philadelphia dan
Burlington, New Jersey.
Fitch
diberikan hak paten pada 26 Agustus 1791, setelah pertempuran dengan Rumsey,
yang telah menciptakan penemuan serupa. Sayangnya yang baru dibentuk Komisi
Paten tidak penghargaan monopoli paten yang luas bahwa Fitch sudah minta, tapi
paten jenis modern, untuk desain baru Fitch kapal uap. Ini juga diberikan paten
untuk Rumsey dan John Stevens untuk desain kapal mereka, dan hilangnya monopoli
menyebabkan banyak di Fitch investor untuk meninggalkan perusahaannya.
Sementara perahu mekanis berhasil, Fitch tidak membayar perhatian yang cukup
kepada konstruksi dan biaya operasi dan tidak bisa membenarkan manfaat ekonomi
navigasi uap. Itu Fulton yang akan mengubah ide Fitch menguntungkan dekade
kemudian.
Tahun
1797, Fulton pergi ke Perancis, di mana Claude de Jouffroy telah membuat kapal
uap yg beroda kerja pada tahun 1783, dan mulai bereksperimen dengan torpedo
kapal selam dan kapal torpedo. Fulton adalah penemu panorama pertama akan
ditampilkan di Paris, yang selesai pada 1800. Jalan di mana panorama
ditunjukkan masih disebut ” ‘Rue des Panorames’” (Panorama Street) sekarang.
0 komentar:
Posting Komentar